Sunday, February 7, 2016

Nasi Goreng Magelangan

Menu sarapan resepi dari seberang. Nasi campur mee digoreng bersama. Cuma nasi sejuk saya tinggal semangkuk kecil jer....jadi saya lebihkan meenya. Nak masak lain malas, lagi pun nasi yg elok nak buat nasi goreng adalah nasi sejuk...baru cantik berderai...

Sumber resepi saya kali ni dari aang-alfian.blogspot.co.

Nasi Goreng Magelangan

Bahan-Bahan

250 gr nasi putih
150 gr daging ayam matang, suwir-suwir
40 gr mi kering, rendam air panas, tiriskan
2 butir telur, kocok lepas
75 gr kol (kobis), iris kasar
1 batang daun bawang iris halus
1/4 buah tomato merah, iris
1 sdm bawang goreng
3 sb kicap manis
4 sb minyak goreng

Bumbu Halus:

butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 buah cabai merah keriting
3 cabai rawit merah
2 butir kemiri (buah keras) secukupnya

Pelengkap: acar ketimun wortel, cabai rawit hijau, dan kerupuk bawang

 
Cara Membuat Nasi Goreng Magelangan

Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan tomat, daging ayam, dan telur, aduk rata. Lalu masukkan kol dan daun bawang,aduk sampai kol layu.

Masukkan mi, nasi putih, dan kecap, aduk rata di atas api kecil, angkat.Hidangkan dengan acar ketimun dan kerupuk bawang. Taburi bawang goreng.

Tips Cara Membuat Nasi Goreng Magelangan Yang Enak

Pilih beras yang agak pero (buyar) dan bentuknya panjang, jika terpaksa dengan nasi yang pulen, masak dengan jumlah air dikurangi 1/4 dari jumlah yang dianjurkan.Gunakan nasi dengan suhu ruang, bukan nasi yang baru dimasak atau masih panas agar tidak lengket diwajan.

Gunakan kecap untuk mempercantik warna nasi goreng tetapi jangan terlalu banyak karena selain akan terasa sangat manis juga akan menghilangkan aroma bumbu lainnya.Gunakan wajan berbahan baja hitam, jangan gunakan wajan berbahan dasar teflon karena aroma makanan sulit didapat.

Untuk menghindari lengket di wajan, lakukan dengan memanaskan wajan hingga panas, berikan minyak, ratakan dan tumis telor kocok hingga membentuk dadar dan buat orak arik, baru tumis bumbu halus atau daging.Gunakan kompor api besar dan bertekanan untuk hasil nasi goreng dan aroma terbaik.

Api sebaiknya kecil saat memasukkan ataupun menumis bumbu dan nasi, setelah itu baru api dibesarkan kembali. Gunakan api besar saat menumis seafood dan lain lain, kecilkan api saat menumis telur dan bumbu, juga saat memberi kecap di nasi dan besarkan api kembali saat akan mencampur semua sehingga rata.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...